Minggu, 09 Oktober 2016

Tugas Manajemen Public Relations

Pak Zam-Zamy

Kegiatan PR terbagi atas 4 tahap yaitu Riset, Perencanaan Program, Aksi dan Komunikasi, dan Evaluasi. Untuk menunjang keberhasilan kegiatan PR tersebut, ada beberapa poin yang harus diperhatikan di dalamnya, antara lain:

A.  Pembagian Tanggung Jawab
Pembagian tanggung jawab adalah hal yang sangat penting dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Hal ini bertujuan agar masing-masing anggota dapat melaksanakan tugasnya dengan fokus dan tidak terjadi tumpang tindih tugas. Jika tim sudah dibagi berdasarkan tugas masing-masing, maka pekerjaan akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Contoh: Pembagian Divisi Public Relations dalam 3 bagian yakni Institusional Relations yang bertugas menjalin hubungan dengan perusahaan, lembaga lain, maupun masyarakat non lembaga; Media Relations bertugas menjalin hubungan dengan media-media demi proses penyampaian informasi ke masyarakat dengan lebih mudah; Goverment Relations bertugas menjalin hubungan dengan pemerintah.

B. Penyusunan Jadwal
Penyusunan jadwal diperlukan agar kegiatan PR lebih tertata atau sistematis. Penyusunan jadwal bisa dilakukan setelah rencana program disusun. Jadwal yang disusun dapat meliputi waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan PR, yang tentunya juga menyesuaikan dengan pihak yang terkait dengan pelaksanaan suatu kegiatan.

Contoh: Dalam kegiatan PR jadwal sudah tersusun mulai dari pelaksanaan riset, koordinasi dengan internal perusahaan untuk menentukan strategi selanjutnya, pertemuan dengan media hingga perencanaan promosi agar pekerjaan PR lebih sistematis dan teratur.

C.  Anggaran
Perencanaan anggaran merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari pelaksanaan suatu kegiatan. Hendaknya anggaran yang direncanakan oleh PR sesuai dengan bentuk strategi dan budget yang dimiliki perusahaan.


Contoh: PR merencanakan anggaran untuk kunjungan dan konferensi pers ke perusahaan, kegiatan ini mungkin tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Namun bila PR ingin membangun citra perusahaan melalui promosi dan bekerja sama dengan bidang Marketing maka anggaran yang diperlukan sangat besar, dan PR harus berhati-hati dalam menyusun strategi agar kegiatan efektif, dan apa yang sudah dikeluarkan perusahaan sebanding dengan pendapatan perusahaan. 





by: Airin Puti Alivia/ 1443010062/ Kelas A

0 komentar:

Posting Komentar