Minggu, 09 Oktober 2016

Aksi dan Komunikasi

by: Pak Zam Zamy


Praktisi PR sebagai bagian dari tim manajemen sebuah organisasi harus terlibat dalam proses pembuatan keputusan untuk memastikan bahwa organisasi melakukan tindakan positif dan bertanggung jawab secara sosial.

Difusi
Bagaimana cara ide-ide baru diadopsi dalam sebuah masyarakat.
Dua kategori karakteristik individu dari setiap audiensi target:
  • Utama; menengah; dan moderat
  • Laten; sadar; dan aktif

Sistem klasifikasi ini untuk membantu menentukan seberapa jauh sebuah publik siap dan dapat merespon setiap aksi yang direncanakan.
  1. Publik utama: kelompok yang kepadanya sebuah aksi diarahkan.
  2. Publik menengah: individu memiliki kontak langsung dengan audiensi utama dan dapat menyampaikan pesan kepada mereka.
  3. Publik moderat: kelompok yang berbagi tujuan yang sama atau filosofi pengarah yang sama dan dapat memberi dampak pada publik utama
  4. Publik laten: tidak memiliki kesadaran akan kebutuhan untuk berubah.
  5. Publik sadar: menyadari akan sebuah kebutuhan, tetapi tidak memiliki kemauan untuk bertindak seperti menerima ide baru.
  6. Publik aktif: sadar dan siap untuk melakukan sesuatu. 

Ada 5 langkah yang menjelaskan bagaimana manusia dipengaruhi untuk dapat berubah
Kesadaran:
  1. Sadar akan ide/praktek walau pengetahuan terbatas.
  2. Minat/ketertarikan. Mulai mencari info ide itu lebih banyak
  3. Evaluasi. Mulai menerapkan ide pada situasi sendiri dan berusaha memperoleh banyak info serta membuat keputusan untuk mengujicobakan ide baru tersebut.
  4. Percobaan. Penerapan aktual dimulai. Biasanya pada skala kecil.
  5. Adopsi. Segera setelah ide terbukti bermanfaat, maka akan diadopsi oleh audiensi target.


5 saluran pengaruh dasar dalam proses adopsi
  1. Media massa
  2. Perantara bias. Mengambil keuntungan dari adopsi orang lain (mis: sales)
  3. Pihak ketiga yang tidak bias. Kelompok konsumen; agen pemerintah; yang memiliki kredibilitas
  4. Orang penting lainnya. Teman, keluarga, dan orang lain
  5. Pengalaman pribadi 

Praktisi PR merupakan komunikator kunci dalam sebuah organisasi.
Menulis merupakan alat utama bagi kerja seorang komunikator, tetapi praktisi harus menguasai berbagai gaya penulisan.
Struktur penulisan dengan piramida terbalik dipandang sebagai sesuatu yang penting karena struktur ini digunakan oleh kebanyakan jurnalis. Gaya penulisan lain seperti menulis untuk internet juga dipandang perlu untuk dikuasai.

Tips Menulis Efektif
  • Gunakan kata-kata singkat dan sederhana
  • Gunakan kata, kalimat serta paragraf pendek dan sederhana
  • Tulis dalam bentuk aktif bukan pasif
  • Hindari penggunaan slang dan jargon
  • Gunakan kata sifat dan kata kerja dengan hemat
  • Singkat
  • Spesifik
  • Sampaikan alasan atas opini


Pemilihan Media 
3 pertimbangan dasar dari pemilihan media:
  • Audiensi
  • Waktu yang tepat
  • Anggaran



0 komentar:

Posting Komentar