Rabu, 01 Juni 2016

Rawon Kalkulator

Selain bebek dan aneka penyetan, Surabaya juga dikenal dengan kuliner rawon dengan nama yang unik2. Pasti pernah denger Rawon Setan kan ? Nama yang sarat mistik dan menggelitik urat penasaran orang-orang dari luar kota. Satu lagi yang gak kalah unik adalah Rawon Kalkulator (RK). Mungkin gak banyak yg pernah tau dan mencicipinya. Gimana rupanya ? Apa kaldunya direbus dari kalkulator macam Casio atau Karce ?

RK lebih offisial dengan label “Warung Sedap Malam”. Lokasinya di Taman Bungkul (Raya Darmo) cukup ramah bensin untuk dijangkau dari pusat kota *ya iya laa* Makanya kopdar blogger TPC sering dilakukan disana. Sesuai judul warungnya, dulu rawon ini memang cuma buka malam hari, tapi skrg sudah buka dari jam 8 pagi sampai malam. Terakhir saya kesana jam 11 malam, pelayannya masih semangat menjerat pengunjung.





Warungnya cukup bersih dan tidak pernah sepi pas wayah’e jam isi perut. Selain Rawon, juga sedia Soto. Tapi anehnya ga ada sebutan Soto Kalkulator haha.. Pengunjung yg pertama kali mampir mungkin heran karena tidak ada unsur2 kalkulator di rawon yg disajikan. Sepiring nasi putih yang diguyur dengan kuah rawon yang item manis, taburan toge imut diatasnya, dua potong daging yang eye catching nangkring di pinggir piring dan masih ditambah lagi bonus selembar krupuk udang.

Kuah rawon hangat jadi pelengkap klop buat menemani malam yang sedang diselimuti gerimis tipis kala itu. Rasa kaldunya pas, tidak ringan tapi juga tidak terlampau kental. Beraksen manis dan sedikit gurih asin. Kuah berwarna kehitaman, kental dan wangi karena campuram kluwek. Perasan jeruk nipis bisa jadi pilihan buat memperkaya rasa kuah.

Daging dipotong kotak, tidak berlemak dan teksturnya ueeeempuk pemirsa! Walaupun, ketika dikunyah masih menyisakan sedikit perlawanan gerilya serat2 yang memberi clue keterlibatan daging lokal kualitas wahid dgn olahan bumbu rahasia khas Rawon Kalkulator.



Lho.. sek sek, terus kok dinamakan Rawon Kalkulator ? Nah, pada saat mau membayar, seorang pelayan akan datang dan menginventarisir keganasan anda di meja makan. Pada saat itulah keunikan warung ini dipertunjukkan, sang pelayan akan menghitung total kerusakan tanpa menggunakan kalkulator sambil komat kamit dengan sangat cepat. Seakan-akan sedang mendendangkan alunan lagu rap hahahaha.

Range Harga: IDR 18k

1

1 komentar: