Pak Zam-Zamy
Kegiatan PR terbagi atas 4 tahap yaitu Riset, Perencanaan
Program, Aksi dan Komunikasi, dan Evaluasi. Untuk menunjang keberhasilan
kegiatan PR tersebut, ada beberapa poin yang harus diperhatikan di dalamnya,
antara lain:
A. Pembagian Tanggung Jawab
Pembagian
tanggung jawab adalah hal yang sangat penting dalam melaksanakan berbagai
kegiatan. Hal ini bertujuan agar masing-masing anggota dapat melaksanakan
tugasnya dengan fokus dan tidak terjadi tumpang tindih tugas. Jika tim sudah
dibagi berdasarkan tugas masing-masing, maka pekerjaan akan berjalan lebih
efektif dan efisien.
Contoh:
Pembagian Divisi Public Relations dalam
3 bagian yakni Institusional Relations yang bertugas menjalin hubungan dengan perusahaan,
lembaga lain, maupun masyarakat non lembaga; Media Relations bertugas menjalin
hubungan dengan media-media demi proses penyampaian informasi ke masyarakat
dengan lebih mudah; Goverment Relations bertugas menjalin hubungan dengan
pemerintah.
B. Penyusunan
Jadwal
Penyusunan
jadwal diperlukan agar kegiatan PR lebih tertata atau sistematis. Penyusunan
jadwal bisa dilakukan setelah rencana program disusun. Jadwal yang disusun dapat
meliputi waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan PR, yang tentunya juga
menyesuaikan dengan pihak yang terkait dengan pelaksanaan suatu kegiatan.
Contoh: Dalam
kegiatan PR jadwal sudah tersusun mulai dari pelaksanaan riset, koordinasi
dengan internal perusahaan untuk menentukan strategi selanjutnya, pertemuan
dengan media hingga perencanaan promosi agar pekerjaan PR lebih sistematis dan
teratur.
C. Anggaran
Perencanaan
anggaran merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari pelaksanaan suatu
kegiatan. Hendaknya anggaran yang direncanakan oleh PR sesuai dengan bentuk
strategi dan budget yang dimiliki
perusahaan.
Contoh: PR
merencanakan anggaran untuk kunjungan dan konferensi pers ke perusahaan,
kegiatan ini mungkin tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Namun bila PR
ingin membangun citra perusahaan melalui promosi dan bekerja sama dengan bidang
Marketing maka anggaran yang diperlukan sangat besar, dan PR harus berhati-hati
dalam menyusun strategi agar kegiatan efektif, dan apa yang sudah dikeluarkan
perusahaan sebanding dengan pendapatan perusahaan.
by: Airin Puti Alivia/ 1443010062/ Kelas A
0 komentar:
Posting Komentar